Nyobain Golang

Karena sedang masa paceklik maka pengeluaran server pun harus ketat.
Akhirnya memutuskan untuk belajar Golang.
Gosipnya sih ngirit server.
Jadi cuma itu alasan belajar Go hahahah.

Yang mau mainan juga bisa langsung ke sini: https://tour.golang.org/

Editor yang dipakai teteplah pake Sublime 2.
Tapi lama-lama kok kayak gimana gitu.
Udah biasa di IntelliJ dan NetBeans ๐Ÿ˜€
ternyata udah ada IDE untuk Go bikinan JetBrains.
Namanya Goland.
Tapi belum rilis sih baru masa percobaan.

Yang mau nyoba bisa ke sini: https://www.jetbrains.com/go/

Lama-lama kok dirasa overkill.
Juga kurang bebas kirim argumen pas run.
Akhirnya cari lagi editor yang sederhana.

Jadilah pake Nano.
Udah biasa pake Nano.
Kalau di Ubuntu Server disarankannya itu.
Biasa aja cuman kerasa banyak pencet tombol arrow kalau coding.

Akhirnya penasaran sama VIM.
Sekarang netral gak ada paksaan, gak ada rayuan gak ada apa pengen jajal aja.
Ternyata VIM enak hehe ๐Ÿ˜€
Dulu juga coba sih waktu kuliah.
Mungkin karena terbiasa pake NotePad jadinya kerasa eneg pake VIM.

Sementara masih pake lawaran.
Cuma nambah line number sama tab diganti 4 spasi.
Belum pake plugin-plugin.

Udah gitu aja update kali ini.

Bye

Update Tentang Listrik

31 Januari 2017 hampir jam 9 malem.
Sebulan sudah dilalui tahun ini.
Beberapa highlight progress bulan ini.

Update mesin wang yang baru.
Testing sebulan ini lumayan oke.
Banyak masukan dari teman-teman yang nyoba testing.
Beberapa kali down juga karena masalah teknis.
Server udah diupgrade dan udah oke.
Masih belum terlalu yakin.
Butuh testing lagi dengan publisher yang lebih banyak.
Banyak trefiknya maksudnya :p
Banyak fitur baru yang belum terealisasi biar MVP.
Tapi ya gitu trefik lokal ndak bisa dibandingken dengan trefik luar ya.
Ahak-ahak..

Dapet hibah aki dari pak Sam.
Bisa buat upgrade DIY UPS modem Indihome.
Kapan kapan saya bahas.

Nglungsur batre laptop @gojeg juga.
Kirain 18650 tapi kayaknya bukan itu isinya.
Tipis banget profilnya.
Tadinya mau dipakai buat ganti batre sepeda listrik saya.
Udah pecah kayaknya karena overcharge ๐Ÿ˜€
Jadi sementara ni batre masih nganggur belum tau mau dipakai buat apa.

Habis mudik dadakan dan mampir ke taman Kebon Rojo.
Di sana banyak kendaraan listrik.
Buat anak-anak sih.
Tapi modelnya seru.
Ada motor sport, trail dan skuter mirip scoopy.
Jadi pengen punya buat klinong-klinong Jogja ๐Ÿ˜€

Udah gitu aja.
Gambarnya menyusul.
See ya next month.

Risalah Akhir Tahun

31 Desember 2016 jam 9 malem.
Hampir tahun baru 2017.
Posisi di rumah aja nglembur mesin wang yang baru.
Mesin yang lama dah pada mati.
Tidak di-maintain.

Tahun 2016 terasa kurang greget.
Usaha kurang maksimal.
Semoga di tahun 2017 ini bisa lebih baik lagi dan makin enak-enak.

Btw keto semakin kelihatan hasilnya.
Sedikit lagi BMI normal *yay*
Tidak sia-sia jadi antek China Xiaomi hahaha…

Selamat tahun baru 2017 kawan ๐Ÿ˜€

Perkuliahan Lik Min

Wah sudah akhir bulan, waktunya ngeblog.

renang

Jadi hari jumat kemaren renang sama teman Perkuliahan Lik Min.
Entah dari mana awalnya Perkuliahan Lik Min ini.
Tapi setau sa kumpulan Linggar sama HMD ngeteh-ngeteh melepas penat dunia IT di warung Lik Min.

Saya waton nimbrung saja ๐Ÿ˜€
Sampai di Lik Min pun obrolan gak jauh jauh dari gosip startup, coding, security dan tetek bengek kerjaan kami sehari hari. Haha..

Kembali lagi ke bagian renang.
Pagi itu bareng bos @pujianto dan @linxlunx di hotel Matahari.
Janjiannya pun dadakan malam sebelumnya.
Di kolam renang muter tiga, empat kali trus mojok kungkum sambil ngobrol.
Topik obrolannya pun sama kayak di Lik Min.

Salah satu topik obrolan adalah curcol tipis-tipis.
Jadi sa lagi ada PR di tempat kerja.
Bagaimana membuat box produk yang relevan untuk sebuah artikel.
Contohnya seperti ini:

relevan

Artikel Lenovo, produknya pun masih bau-bau Lenovo.

Dengan harapan orang akan beli ketika produk relevan dengan artikel.

Tetapi ketika pada suatu artikel tampilannya adalah seperti ini:

tidak-relevan

Hahaha gak nyambung cuy.
Mungkin karena ada “Karya Anak Bangsa” jadi hasilnya gitu :v

Cara yang sa gunakan pake TF-IDF.
Term Frequency atau mengambil kata yang seringkali muncul.
Itu digunakan untuk query ke database produk dengan harapan diperoleh hasil yang relevan dengan artikel.
Untuk sebagian besar kasus hasilnya sudah lumayan.
Artikel kebanyakan fokus membahas topik tertentu.
Tapi pada beberapa artikel masih anomali.
Kayak di gambar tadi.

Dari obrolan di kolam terpikir untuk membuat Named Entity Recognition (NER)
NER digunakan untuk mendeteksi entitas seperti Person, Event dan Object yang ada di artikel.
Jadi biar bisa tau produk apa aja yang dibicarakan di sebuah artikel.
Nanti baru dicariin produknya buat dijualin.

Sekadar informasi buat yang mau main-main juga

Prosesnya yang shallow saja. (Kalau yang deep belum kebayang :P)
Yang eksplisit ada di text.
Langkanya adalah sbb:
#1 Memecah artikel mencari token. Token dapat berupa kata dan tanda baca.
#2 Mengenali kelas katanya.
#3 Mendeteksi entitas. Umumnya, entitas mempunyai kelas kata Noun atau Proper Noun.

Untuk kelas kata dapat menggunakan database KBBI:
– http://kbbi.kemdikbud.go.id/
– http://kbbi.web.id/
– http://bahasa.cs.ui.ac.id/kbbi/kbbi.php
– http://kateglo.com/

Untuk pengenal entitas dapat memanfaatkan database DBpedia:
– http://id.dbpedia.org/wiki/

Pesannya

Be nice sama server sana soalnya kebanyakan di-throttle.
Siap siap njepat request-nya :v

Ragu dan Meragukan

ragu-ragu

Dari An Nuโ€™man bin Basyir radhiyallahu โ€˜anhuma, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูŽู„ุงูŽู„ูŽ ุจูŽูŠูู‘ู†ูŒ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ูŽ ุจูŽูŠูู‘ู†ูŒ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽู‡ูู…ูŽุง ู…ูุดู’ุชูŽุจูู‡ูŽุงุชูŒ ู„ุงูŽ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ูู‡ูู†ูŽู‘ ูƒูŽุซููŠุฑูŒ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ููŽู…ูŽู†ู ุงุชูŽู‘ู‚ูŽู‰ ุงู„ุดูู‘ุจูู‡ูŽุงุชู ุงุณู’ุชูŽุจู’ุฑูŽุฃูŽ ู„ูุฏููŠู†ูู‡ู ูˆูŽุนูุฑู’ุถูู‡ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ูˆูŽู‚ูŽุนูŽ ููู‰ ุงู„ุดูู‘ุจูู‡ูŽุงุชู ูˆูŽู‚ูŽุนูŽ ููู‰ ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ูƒูŽุงู„ุฑูŽู‘ุงุนูู‰ ูŠูŽุฑู’ุนูŽู‰ ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ุงู„ู’ุญูู…ูŽู‰ ูŠููˆุดููƒู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฑู’ุชูŽุนูŽ ูููŠู‡ู ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ู„ููƒูู„ูู‘ ู…ูŽู„ููƒู ุญูู…ู‹ู‰ ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ุญูู…ูŽู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุญูŽุงุฑูู…ูู‡ู

โ€œSesungguhnya yang halal itu jelas, sebagaimana yang haram pun jelas. Di antara keduanya terdapat perkara syubhat -yang masih samar- yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Barangsiapa yang menghindarkan diri dari perkara syubhat, maka ia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Barangsiapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka ia bisa terjatuh pada perkara haram. Sebagaimana ada pengembala yang menggembalakan ternaknya di sekitar tanah larangan yang hampir menjerumuskannya. Ketahuilah, setiap raja memiliki tanah larangan dan tanah larangan Allah di bumi ini adalah perkara-perkara yang diharamkan-Nya.โ€ (HR. Bukhari no. 2051 dan Muslim no. 1599)

Selengkapnya di:ย ย https://rumaysho.com/3022-meninggalkan-perkara-syubhat.html

Kumpulan video Honda Life yang bikin kesengsem

Honda Life
Honda Life

Setelah ngubeg-ubeg bagian search, berikut ini beberapa video pilihan yang saya temukan di YouTube.

Honda Life ceper abis warna abu-abu. Dengan suara knalpot custom yang menggelegar. Keindahannya layak untuk dinikmati.

Mobil ungu ini nampaknya sudah dimodif mesinnya. Terlihat radiator menyembul di bagian depan. Suspensi dibikin ceper juga bikin asik untuk dilihat.

Ceritanya ini lagi di Japan Auction. Honda Life merah ini sedang dipajang untuk memikat pembelinya. Model standar, ban donat dengan tambahan fender di samping. Bikin gimana gituh.

Lihat-lihat dulu aja siapa tahu suatu saat kesampaian buat punya ni mobil ๐Ÿ˜€

Main Ke Taman Pintar

Awalnya nganter istri nyari buku ke Shopping Center.
Karena bukunya harus dicarikan bakulnya maka mlipir dulu ke Taman Pintar.

Pemandian Taman Pintar
Pemandian Taman Pintar

Kalau di luar gedung aja gak bayar.
Ada banyak arena bermain.
Main air salah satunya.
Ada kendang ketipung nempel di dinding juga (yang ini gak sempet moto).

Di Depan Taman Pintar
Di Depan Taman Pintar

Penasaran juga dengan isi gedungnya.
Secara belum pernah masuk sana.
Masuknya harus pake tiket.
Waktu itu harganya 18rb per orang.

Tiket Taman Pintar
Tiket Taman Pintar

Di dalamย ada halaman bundar sama tangga muter muter ke atas.

Ruang Putar Taman Pintar
Ruang Putar Taman Pintar

Banyak alat peraga IPA.

Kaca Cembung Taman Pintar
Kaca Cembung Taman Pintar

Gak semua dicobain sih.
Yang menarik perhatian aja.
Ada pembangkit listrik tenaga onthel.
Kalau dikayuh itu lampunya nyala.

Pembangkit Listrik Tenaga Onthel
Pembangkit Listrik Tenaga Onthel

Sang Surya dulu.

Sang Surya
Sang Surya

Habis Sang Surya trus ketemu Panel Surya.

Panel Surya
Panel Surya

Pokoknya banyak banget alat peraganya.
Jalannya muter-muter ke atas.
Sampai atas trus muter-muter lagi turun.
Udah gak tahu lagi utara selatan.
Jalan keluarnya lewat kantin.
Pas keluar kantin lhoo.. kok.. balik ke Shopping lagi.

Pintu Keluar Taman Pintar
Pintu Keluar Taman Pintar

Ternyata sekarang namanya udah bukan Shopping Center lagi.
Tapi udah ganti jadi Taman Pintar Bookstore.

Taman Pintar Bookstore
Taman Pintar Bookstore

Nah lurus dari pintu keluar itu ada bakso yang menggoda.

Bakso Taman Pintar
Bakso Taman Pintar

Kalau ada waktu silahkan main-main ke sana ๐Ÿ˜€

Liburan ke Museum Angkut Malang

Beberapa hari yang lalu main ke Museum Angkut di Malang. Tepatnya di sekitar Jatim Park. Ada berberapa kendaraan yang menarik perhatian saya. Sebagian saya dokumentasikan dengan foto.

image

Saat masuk langsung disambut oleh Bumble Bee. Patung robot yang dibuat dari bekas material motor dan mobil. Jadinya lumayan mirip.

image

Satu kendaraan yang mencuri perhatian saya. Heinkel Kabine, begitu tertulis di papan namanya. Kendaraan mungil dengan 2 penumpang dan 3 roda. Yang unik adalah bentuknya yang mirip kapal selam.

image

Inget dengan mobil listrik yang dipakai Dahlan Iskan nabrak? Nah bangkainya ada di sini. Tapi yang tersisa tinggal tulang kulit dan rodanya. Komponen lainnya sudah diambil.

image

Logo logo oli jaman dulu terpasang di pagar. Klasik!

image

Aaaak ada trial GasGas.ย Pegang dulu lah sapa tau bisa keturutan punya haha.

image

Mobil mungil lagi. Morris punyae Mr. Bean yang terkenal itu.

Btw sa penyuka mobil-mobil kecil gini. Kalau dilancarkan rejekinya pengen punya Honda Life yang mesinnya pake Yamaha R1 ahak ahak.

image

Nah karcisnya model ban operasi gitu. Pake gelang yang lumayan kuat/anti air.

image

Udah gitu aja. Bentar lagi ganti bulanย saatnya kerja lagi ( –)9

Renang lagi

image

Foto: Pak Sam

 

Setelah sekian lama tidak nyemplung, akhirnya jumat kemaren renang lagi.

Diajak sama pak Sam di daerah ringroad selatan.

Tempatnya lumayan sepi, airnya gak kebanyakan kaporit dan ada tempat dangkal buat anak kecil.

Tapi bayarnya mehel (25rb) secara biasanya di UNY cuma 7ribu ๐Ÿ˜€ (gatau sekarang berapa)

Harga segitu udah dapet handuk sama minuman (kelegen)