Menghitung Kebutuhan Baterai Sepeda Listrik

Jadi ceritanya sepeda listrik yang dulu pernah saya ceritaken itu baterainya matek. Pas dibongkar kondisinya sudah melembung.

Kemungkinan karena overcharge. Dua harian saya charge gak dicabut karena gak penuh penuh. Biasanya sih beberapa jam aja lampu chargernya udah ijo. Ini udah lama gak ijo-ijo mungkin karena gak ngeces lagi.

Bisa jadi baterainya mau tewas atau chargernya yang rusak dan merembet ke baterai. Entahlah belum tau cara ngeceknya. Chargernya dites pake avo meter digital juga naik turuh tidak jelas tegangannya.

Mencari Spek Baterai

Melihat petunjuk 6-dzm-9 di baterainya maka googlinglah dan nemu di alibaba. Di sana tertulis speknya 12 Volt 9 Ampere. Dikalikan 2 (seri) jadi 24 Volt 9 Ampere. Di chargernya tertulis 24 Volt juga sih.

Baterai Pengganti

Melihat perbandingan baterai Lead Acid vs Lithium maka dipertimbangkan untuk coba pake baterai 18650. Itu baterai yang dipakai di vape atau Mobil Tesla Model S. Paling banyak dipakai di leptop.

Lihat speknya di wikipedia itu speknya 3.7 Volt dan 1500-3000 mA. Nominal baterai rata-rata adalah 3.7 Volt 1.5 AH.

Untuk mendapatkan 12 Volt dibutuhkan 3 baterai yang diseri. Full charged 12.6 Volt, nominal 11.1 Volt dan discharged 9.0 Volt. Untuk mendapatkan 9A dibutuhkan 6 paralel x 1.5 AH.

[gambar dari sini]

Jadi total satu set adalah 18 Pcs. Jika kebutuhannya adalah 24 Volt atau 2 set maka total dibutuhkan baterai sejumlah 36 Pcs.

Udah ketemu kebutuhannya. Berikutnya tinggal berburu baterainya. Sampai ketemu di update selanjutnya.

 

One thought on “Menghitung Kebutuhan Baterai Sepeda Listrik”

Leave a Reply