7 persiapan sebelum install ulang komputer

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan install ulang atau upgrade komputer.

MacBook Pro

#Pilih waktu yang tepat
Pastikan ketika waktu longgar. Bukan saat deadline. Setup environment setelah install ulang kadan membutuhkan waktu yang lama.

#Backup data
Sangat disarankan untuk membackup data sebelum install ulang. Kegagalan install atau upgrade beresiko mengisolasi data kita di dalam sistem. Ada kalanya butuh format harddisk seperti ketika upgrade filesystem. apalagi ketika data pekerjaan dan sistem operasi jadi satu partisi.

#Buat checklist
Buat daftar file yang harus dibackup. Pastikan menyeluruh dan jangan ada yang terlewat. Beri jeda waktu antara membuat checklist dan eksekusi. Ini akan membantu mengingat bila ada file yang terlewat. Yang biasanya kelupaan untuk dibackup adalah database mysql. Karena posisinya tidak berupa file / folder.

image

#Rapikan file
Rapikan file / folder sekalian. Hapus file yang tidak penting. Ini akan membuat file lebih terorganisasi dengan baik. Proses backup jadi lebih cepat karena total file lebih sedikit.

#Master program
Hapus juga master master program yang sering update seperti Chrome, Firefox. Master yang lebih baru bisa didownload lagi.

#Periksa kndisi harddisk external
Periksa kesehatan HDD external yang akan digunakan untuk membackup data. Kalau di mac bisa menggunakan Disk Utility. Pilih drive > Verify Disk.

verify-disk

#Copy vs cut
Ketika proses backup usahakan untuk mengcopy saja. Ketika gagal di tengah jalan bisa diulang dengan tenang. Kalau dengan cut dan gagal di tengah jalan kita kadang butuh proses merge folder. Proses ini bisa menimpah folder dengan data yang tidak utuh.

#Verifikasi data
Lakukan verifikasi data setelah proses backup selesai. Cek satu satu. Pernah suatu ketika melakukan backup dengan zip. Ketika dikstrak ternyata file zip korup. Jangan sampai ini terjadi pada data penting.

#Cara yang lebih kekinian
Kalau mempunyai koneksi internet yang melimpah bisa membackup data di cloud. Salah satu layanan penyedianya adalah Dropbox. Kopi semua file penting ke dalam folder dropbox. Tunggu sampai sinkronisasai selesai dan install ulang bisa segera dimulai. Data bisa ditarik kembali ketika proses instalasi selesai.

dropbox-plan

Untuk yang versi gratis bisa dapat space sampai 2 GB. Mayan kalau datanya text cukup lah.

Stay safe dan selamat menikmati OS baru.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.